Monday, August 12, 2013

Talenta Muda Indonesia Gabung Klub Peserta Liga Champion


gavin (gambar www.seputartimnas.com)


Liga Champion Eropa adalah turnamen spesial di kancah sepakbola liga Eropa, menurut Gilberto Silva pemain Arsenal asal Brazil tahun 2002-2008 kelas liga champion seperti piala dunia namun dalam bentuk mini. Penuh emosi serta gengsi sendiri apabila sukses mnejuarai liga champion karena selain prestise juga hadiah yang wah, ya, UEFA telah membuat gengsi UCL benar-benar terbang ke langit.

UCL atau Uefa Champions League merupakan turnamen yang mampu mempertemukan klub-klub terkemuka dari liga-liga Eropa lainnya seperti Inggris, Italia, Spanyol, Jerman dll. Para pemain pun berlomba untuk bisa menjuarai atau berpartisipasi dalam ajang prestise ini, karena bagi seorang pemain sepak bola juara piala dunia, piala Eropa/juara kontinental lainnya akan kurang lengkap tanpa medali liga champion ini.


Talenta Indonesia Gabung Cruj Azul
Bermain liga champion ternyata menjadi impian salah satu pemain sepak bola Indonesia, Gavin Kwan Adsit, pemain timnas U-19 asal Bali. Gavin yang baru saja menjuarai turnamen HFKA  di Hongkong sekaligus menjadi Most Valuable Player akan mengikuti trial selama 3 bulan di salah satu klub Rumania, CFR Cluj, Gavin  sendiri jika sukses dalam trial akan mendapatkan penandatanganan kontrak selama setahun. Besar kemungkinan Gavin akan banyak bicara di CFR Cluj mengingat sebelumnya Gavin sudah trial di AS Roma, Italia. Saat trial di Roma, pemandu bakat asal CFR Cluj sudah memintanya untuk bergabung ke klub yang bermarkas di Rumania.

Gavin sendiri melalui wawancara dengan beberapa media online mengatakan bahwa untuk meniti karir di Eropa harus mengalami kesukaran yang luar biasa. Karena untuk menembus liga-liga terbaik Eropa seperti Inggris, Italia, Spanyol seorang pemain harus memiliki paspor Eropa mengingat batas pemakaian pemain non Eropa yang tidak banyak.
CFR Cluj merupakan klub juara asal Rumania,  tahun 2008 CFR Cluj juga mampu memberikan kejutan ketika menaklukkan AS Roma di Olimpico, Roma.  prestasi CFR Cluj musim lalu di liga champion adalah mampu menenpati peringkat ketiga, dibawah, Manchester United dan Galatasaray, bahkan CFR Cluj mampu mengalahkan Manchester United di Old Trafford walaupun Manchester United bermain dengan pemain lapis kedua. Peringkat ketiga, CFR Cluj lolos ke babak 32 besar Europa League, dan bertemu dengan Inter Milan. Tapi sayang CFR Cluj gagal lolos ke babak berikutnya karena kalah agregat 5-0.

Epilog
Gavin sendiri berharap melalui CFR Cluj dapat menjadi batu loncatan baginya untuk ke liga terbaik di Eropa, tapi siapa tau Gavin akan menjadi pemain reguler di CFR Cluj dan diberikan kesempatan untuk tampil di liga champion Eropa.

No comments:

Post a Comment